Dapatkan #MHTlimitedSticker dengan belanja minimal Rp 150.000,-

Tahun Baru (Shogatsu 正月) 

Tahun baru merupakan sebuah perayaan yang cukup ditunggu di Jepang. Orang-orang merayakannya dengan makan-makan bersama dengan teman dan keluarga. 

Salah satu tradisi yang dilakukan dalam rangka merayakan tahun baru adalah menyantap Toshikoshi-Soba pada pukul 11 malam di malam tahun baru, sembari menunggu waktu bergilir menuju 1 Januari di tahun berikutnya. Menyantap mie dipercaya sebagai simbolisme. Selain itu, makan-makan bersama di malam tahun baru juga dimaksudkan karena pada 3 hari pertama tahun baru, memasak di dapur dapat membawa kesialan!

Pada tanggal 1 Januari, kamu bisa mengikuti Hatsumode, atau kunjungan kuil pertama. Orang-orang akan beramai-ramai ke kuil, menuliskan permintaan pada Ema, dan mengambil Omikuji (ramalan)

Hari Kedewasaan (Seijin no Hi / 成人の日) 

Tidak lama setelah tahun baru, Jepang merayakan Hari Kedewasaan pada hari Senin kedua di bulan Januari.   Pada Hari Kedewasaan, orang-orang yang berulang tahun ke -20 dari tanggal 2 April tahun sebelumnya hingga 1 April tahun sekarang akan mengikuti Seijin Shiki(成人式) atau Upacara Kedewasaan, menandakan bahwa mereka sudah menginjak usia kedewasaan.

Hari Kedewasaan diperuntukkan untuk merayakan dan menyemangati para anak-anak yang telah beranjak dewasa agar senantiasa bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan mengatasi kedewasaan dengan lancar. 

Upacara Kedewasaan berlangsung di berbagai tempat di seluruh Jepang, umumnya di balai kota atau gimnasium sekolah, dengan kemeriahan masing-masing. Pada umumnya, para wanita dan pria yang menginjak usia dewasa akan mengenakan furisode, hakama, atau bahkan pakaian formal seperti jas. Setelah upacara, mereka lalu bersenang-senang dengan pergi ke bar atau makan-makan bersama teman-temannya.

Golden Week (ゴールデンウィーク / 黄金週間)

Golden Week merupakan rentetan hari libur di Jepang. Golden Week merayakan empat hari libur nasional, yaitu the Hari Showa (Shōwa no Hi 昭和の日) pada tanggal 29 April, Hari Peringatan Konstitusi (Kenpou Kinenbi 憲法記念日) pada tanggal 3 Mei, Hari Hijau (Midori no Hi みどりの日)pada tanggal 4 Mei, dan Hari Anak ( Kodomo no Hi こどもの日) pada tanggal 5 Mei. Ketika salah satu dari hari libur Golden Week jatuh di hari Minggu, akan ada hari libur kompensasi yang bisa diadakan pada tanggal 30 April ataupun 6 Mei.

Rentetan hari libur ini merupakan kesempatan yang baik untuk beristirahat dan merefleksikan diri. Dibandingkan dengan hari libur pada umumnya, Golden Week merupakan hari libur yang cukup tenang dan tentram. Pekerja libur, toko-toko tutup, dan orang-orang menjalani hidupnya dengan tenang.

Hari Ulang Tahun Kaisar (Tennou Tanjoubi / 天皇誕生日)

Hari Ulang Tahun Kaisar adalah salah satu hari libur nasional dii Jepang, yang sekarang jatuh pada tanggal 23 Februari, memperingati hari lahir Kaisar Naruhito.

Pada Hari Ulang Tahun Kaisar, upacara publik diadakan di Tokyo Imperial Palace (yang biasanya ditutup untuk publik). Kaisar dan istrinya serta beberapa anggota keluarga kekaisaran muncul di balkon istana untuk  menerima dan menjawab ucapan ulang tahun dari para rakyat. Upacara ini disebut Ippan-sanga (一般参賀). Hanya pada upacara ini dan perayaan tahun baru pada tanggal 2 Januari publik dapat masuk ke area istana.

Culture Day (Bunka no Hi / 文化の日)

Hari Kebudayaan jatuh pada tanggal 3 November dan merupakan salah satu hari libur nasional di Jepang. Pada Hari Kebudayaan, biasanya diadakan pameran seni, parade, atau festival-festival  lainnya.

0Shares
Open chat