Dapatkan #MHTlimitedSticker dengan belanja minimal Rp 150.000,-

Konnichiwassup, mina-san! Ada yang berulang tahun hari ini, gak? Atau bulan ini? Happy birthday buat kalian ya~! Di Jepang, ada tradisi apa aja ya, untuk merayakan ulang tahun? Kira-kira sama gak, ya, dengan di Indonesia? Yuk kita lihat!

Issho Mochi & Mochi Fumi 

Di Jepang, ketika seorang anak berulang tahun yang pertama, akan diadakan tradisi Issho Mochi, yaitu tradisi membawa mochi seberat dua kilogram menggunakan tas kain di punggung sang anak. Kanji untuk Issho (一升) memiliki cara pengucapan yang sama dengan Issho (一生) yang berarti ‘Lifetime’, melambangkan bahwa sang anak tidak akan mengalami kesulitan dalam hal makanan selama hidupnya. 

Orang tua ada yang merasa senang ketika anaknya berhasil membawa mochinya, ada juga yang merasa bahwa jatuhnya sang anak ketika membawa mochi adalah hal yang patut disyukuri karena takut bahwa sang anak akan terlalu cepat ‘berjalan meninggalkan keluarga’ ketika berhasil berjalan.

Ada juga tradisi menginjak mochi yang melambangkan pertumbuhan kaki anak yang kuat~ 

Erabitori


Ada juga tradisi Erabitori, yaitu tradisi di mana sang anak memilih satu objek yang akan melambangkan masa depannya, contohnya ketika memilih uang, itu berarti sang anak akan memiliki masa depan yang cerah dalam hal keuangan.

Shichi-Go-San 

Shichi-Go-San (七五三, Tujuh-Lima-Tiga) adalah tradisi untuk membawa anak perempuan berumur tujuh tahun, anak laki-laki berumur lima tahun, dan anak-anak berumur tiga tahun ke kuil untuk mengikuti upacara Shichi-Go-San. Upacara ini diadakan setiap 15 November dan bertujuan untuk mendoakan kesehatan dan kebaikan anak-anak.

Seijin no Hi

Seijin no Hi (成人の日, Coming of Age Day), dirayakan setiap hari Senin kedua pada bulan Januari, adalah upacara yang diadakan untuk semua orang yang telah berumur atau akan berumur 20 tahun dari tanggal 4 April tahun sebelumnya hingga 1 April tahun yang sedang berlangsung. Upacara ini diadakan sebagai reminder dan penyemangat bahwa orang-orang tersebut sudah mulai menginjak kedewasaan, dengan harapan mereka akan bisa menjadi sosok yang lebih baik dan menjalani hidup dengan dewasa.

Upacara ini dihadiri oleh orang-orang terkait yang menggunakan pakaian tradisional Jepang, mendengarkan pidato singkat dari pemerintah setempat dan mendapatkan hadiah-hadiah kecil.  Setelah acara tersebut, biasanya para ‘orang dewasa’ ini akan pergi merayakannya lagi dengan teman-teman mereka, entah itu makan bareng, berpesta, atau sekedar minum-minum.

Tradisi Ulang Tahun di Indonesia

Kalau di Indonesia, mungkin yang paling populer adalah tradisi ‘Yang Ulang Tahun Harus Traktir’, ya? Hehehe~ Kalau kamu sedang nyari hadiah ulang tahun buat temen kamu yang suka anime, atau untuk kamu sendiri, MyHobbyTown cocok banget buat kamu! Ada banyak banget merchandise dan fashion anime yang bisa kamu jadikan hadiah ulang tahun~!

Cek sekarang, hanya di MyHobbyTown!

0Shares
Open chat